Vidi Aldiano Ungkap Alami Body Dysmorphia Usai Berat Badan Turun Banyak

Wecome Hidesfilesdi Website Kami!

Hidesfiles, Penyanyi asal Jakarta Widi Aldiano (33) mengungkapkan emosinya saat menjalani detoksifikasi di Koh Samui, Thailand. Dia menghabiskan dua minggu di detoks di sana sebagai bagian dari pengobatan kankernya. Vidi Aldiano Ungkap Alami Body Dysmorphia Usai Berat Badan Turun Banyak

Selama di sana, Vidy diberitahu bahwa selama 11 hari, ia hanya boleh mengonsumsi cairan seperti minyak, jamu, dan jus. Kondisi ini menyebabkan masalah pada GERD. Hal ini kemudian menyebabkan masalah tidur, mual dan lemas.

Menurut Widi, kondisi kejiwaannya semakin terpuruk selama menjalani rehabilitasi di sana. Suatu hari dia menjadi dismorfik tubuh. Obat Sirup Dilarang Beredar, Bolehkah Menggerus Obat Tablet untuk Anak?

“Ada suatu hari khususnya, saya melihat tubuh saya dan rasanya seperti saya sedang melihat ke cermin dan saya tidak menyukai tubuh saya karena saya terlalu kurus dan menderita banyak dismorfia tubuh,” katanya.

“Aku tidak percaya diri sampai menangis,” tulis Widi di laman Instagramnya, Senin (2/12/2024), mengunggah video hari terakhir detoksnya di Ko Samui. ). ).

Widi mengatakan, berat badannya turun 6 hingga 7 kilogram sejak menjalani terapi radiasi, salah satu pengobatan kanker, pada Desember tahun lalu. Itu membuat tubuhnya ramping.

Meski ada sisi menyedihkannya, ia juga melihat sisi positif dari pengalamannya: kesempatan untuk bertemu lebih banyak orang dengan masalah kesehatan seperti kanker, penyakit autoimun, dan masalah kesehatan lainnya.

“Dua minggu ini sangat naik turun, tapi saya bersyukur. Saya harap usaha saya membuahkan hasil,” ujarnya.

Dismorfia tubuh, atau body dysmorphic disorder seperti yang disebut oleh Vidi Aldiano, merupakan gangguan kesehatan mental di mana Anda tidak bisa berhenti memikirkan kekurangan pada penampilan Anda yang bahkan tidak disadari oleh orang lain. Namun, hal itu juga menimbulkan perasaan malu dan cemas.

Saat mengalami kondisi ini, seseorang sangat memperhatikan penampilan dan citra tubuh. Bercermin lagi dan lagi, berpakaian dan cobalah mengatasi kelemahan ini.

Menurut Mayo Clinic, kondisi tersebut dapat menyebabkan depresi dan mempengaruhi fungsi sehari-hari.

Tanda dan gejala dismorfia tubuh antara lain: Fokus atau terlalu fokus pada kekurangan. Keyakinan bahwa ketampanan membuat orang menjadi jelek. Keyakinan bahwa orang lain memberikan perhatian negatif terhadap penampilan seseorang. Kelanjutan perilaku yang bertujuan untuk menutupi atau menutupi kekurangan. misalnya bercermin berulang kali. Berusaha menyembunyikan kesalahan Membandingkan penampilan Anda dengan orang lain Menghindari situasi sosial

Terobsesi terhadap penampilan bisa menjadi kondisi yang sulit dan memakan waktu untuk dikendalikan. Hal ini menyebabkan masalah serius dalam kehidupan sosial, pekerjaan, sekolah dan aktivitas lainnya. Vidi Aldiano Ungkap Alami Body Dysmorphia Usai Berat Badan Turun Banyak

Mungkin rasa malu dengan penampilan bisa menghalangi Anda untuk mencari bantuan psikolog atau psikiater. Namun, jika gejala di atas menyebabkan dismorfia tubuh, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental.

Jika dibiarkan, kondisi ini bisa memburuk seiring berjalannya waktu. Hal ini dimulai dengan meningkatnya kecemasan dan depresi berat.